Cara Merawat Mata Supaya Sehat

Terkadang perawatan organ tubuh yang satu ini (mata) dapat dilupakan begitu saja. Padahal mata adalah satu hal terpenting untuk menunjang kesejahtraan hidup seseorang, bayangkan saja jika mata kita mengalami kebutaan, buta warna (katarak), pastinya hal ini bisa mengurangi kebahagian hidup kita bukan?.

Mungkin Secara tidak sadar atau secara sadar kita melalaikan perawatan mata kita, jika mata kita terdapat rasa sedikit mengganjal atau kurang enak biasanya kita cuek bebek, dan menganggap ahhh itu hal sepele pasti juga akan sembuh sendiri. Padahal dari hal sepele itu bisa menjadikan hal yang sangat bahaya bagi kesehatan mata kita.

Oleh karena itu jika anda termasuk salah satu orang yang sering mengabaikan hal-hal kecil yang terjadi pada mata, mulai sekarang rubahlah cara berfikir kita, sayangi mata kita seperti biasa kita merawat wajah secara rutin setiap mandi/hari.

Sebenarnya masalah apa sajakah yang bisa ditimbulkan dengan tidak pernah melakukan perawatan mata? Bila kita jarang melakukan perawatan mata effect samping yang akan kita dapatkan seperti hilangnya penglihatan (buta), pandangan tidak jelas (kabur), sering sakit mata, sakit kepala, dan yang terakhir buta warna atau katarak.

Tentu semua hal itu tidak anda inginkan bukan, oleh karenanya rawtlah mata kita seperti anda sering melakukan perawatan pada kulit wajah anda.

Nah setelah diatas dijelaskan dampak yang bisa anda dapatkan jika anda tidak sering malakukan perawatan mat. Sebenarnya apa sajakah penyebab dari mata anda bisa terlalu lelah? Berikut adalah hal yang sepele dan jarang kita sadari membuat mata kita menjadi lelah:

  • Sering Baca Buku Sambil Tiduran
  • Membaca di gelapan atau kuran cahaya
  • Terlalu sering menonton acara televisi ( TV) dengan jarak yang terlalu dekat
  • Membaca sambil berkendara sepeda motor atau naik mobil.
  • Sinar matahari yang sangat terik, jika saat panas yang begitu panasnya (terik) usahakan anda keluar rumah menggunkan bantuan payung atau kaca mata hitam, hal ini berguna untuk menghindari mata lelah.
  • Sering menyetir kendaraan diwaktu malam hari, hal ini terjadi ketika anda melihat sinar (lampu) mobil yang berlawan arah dengan kendaraan anda sehingga mata akan silau dengan cahaya itu

oleh karena itu sebisa mungkin anda menghindari atau mengurai kebiasaan kebiasaan diatas
Untuk menjaga anda atau melindungi mata anda sehingga tidak terlalu lelah anda bisa melakukan dan sedikit membaca tips cara merawat mata supaya menjadi lebih fresh dan tidak lelah lagi.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda coba untuk menjaga mata dari kelelahan:

Mengenali Ciri-Ciri Mata Anda
Hal pertama kali yang harus anda lakukan untuk melakukan perawatan mata adalah anda harus mengenali area sekitar mata anda. Apakah dia area bagian mata terlalu sensitive, tipis, atau malah sering muncul lingkaran hitam (kantung mata). Dengan mengetahui hal-hal itu anda bisa mengerti jenis perawatan mata yang cocok untuk mata kita.

Membersihkan Area Kulit Mata
Usahakan anda selalu rutin membersihkan area kulit yang dekat dengan mata anda. Cara membersihkannya harus hati-dati dan secara perlahan dan lembut. Jika anda terlalu menggosok mata dengan keras hal ini justru bisa membahayakan mata (akan terjadi iritasi) oleh karenanya gunakan kosmetik atau pembersih alami yang sesuai dengan kulit anda.

Menggunakan pelembap mata
Pelembap yang anda gunakan di area mata tentunya berbeda dengan pelembap yang biasa kita gunakan untuk melembabkan wajah. Hal Ini didasari oleh berbedanya antara kelenjar minyak yang terdapat pada wajah dan kelenjar minyak sekitar area mata.

Menggunakan Nutrisi Yang Tepat
Pilihlah krim pelembab yang memiliki kandungan nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin B komplek, C, D dan E. sehingga bisa membantu untuk perawatan mata anda

Usahakan porsi Tidur anda tidak kurang
Tidur yang cukup merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk kesehatan mata anda dan cara merawat mata ini merupakan cara yang paling manjur atau ampuh. Oleh karenannya usahakan anda tidur jangan terlalu larut malam, mematikan lampu kamar saat anda ingin tidur dan kompres mata dengan kantung the, sendok makan yang dikulkas atau menggunkan buah mentimun.

Nah sudah tau bukan betapa berharganya mata kita untuk kesejahtaan hidup, dan sudah tau juga tips perawatan dan penyebab mata kita lelah. Olehnya mulailah dari sekarang kita bersama-sama memperhatikan dan merawat mata kita. Semoga artikel diatas bisa membantu kita semua. Jika ada yang salah mohon maaf.

sumber

Baca : 11 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Ditulis Oleh : Millanosa // 7:44 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)