Mengenal Kista Ovarium

Mengenal Kista Ovarium
Salah satu penyakit yang sangat dekat dengan wanita adalah kista ovarium. Namun apakah kista ovarium itu? Kista ovarium sebenarnya merupakan kantung yang berisi cairan yang berkembang di dalam ovarium. Penyakit ini muncul dengan kondisi mirip seperti lepuhan kulit dan biasa terjadi pada masa reproduksi wanita. Kista ini biasanya berukuran sebesar biji almond dan tumbuh pada sisi rahim. Sebenarnya jenis penyakit ini tidak terlalu membahayakan. Bahkan penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya meski tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi pada kasus tertentu, kista ovarium bisa memberi dampak yang cukup serius seperti nyeri haid, pendarahan bahkan kanker endometrium.

Penyebab Kista Ovarium
Sebenarnya sruktur kista yang disebut folikel tumbuh di dalam rahim. Saat telur matang, folikel ini nantinya akan pecah dan dilepaskan pada masa ovulasi. Akan tetapi jika folikel gagal pecah dan melepaskan telur, cairan yang ada akan tetap bertahan sehingga membentuk kista kecil. Kista semacam ini sebenarnya termasuk normal terjadi. Dan nantinya dapat hilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk kista ovarium abnormal, kista jenis ini dapat muncul karena ketidakseimbangan hormone wanita yaitu keseimbangan antara hormone estrogen dan progesteron. Beberapa hal yang menyebabkan berkembangnya kista ovarium diantaranya adalah riwayat kista ovarium yang terdahulu, siklus haid yang tidak teratur, perut buncit, menderita hipotiroid, menderita kanker payudara yang sebelumnya juga pernah menjalani kemoterapi dan menstruasi pada usia dini. Jika berbicara mengenai kista ovarium, sebenarnya ada banyak jenis kista ovarium. Beberapa diantaranya adalah kista fungsional, kista dermoid, kista endrometioma, kista denoma, polycystic ovarian disease dan polycystic ovarian syndrome (PCOS). Untuk kista fungsional, kondisi ini termasuk masih normal. Akan tetapi untuk jenis kista yang lain seperti kista dermoid, kista endrometioma, kista denoma, polycystic ovarian disease dan polycystic ovarian syndrome (PCOS), kista ini bisa berbahaya bagi penderitanya.

Gejala Kista Ovarium
Sebenarnya kista ovarium hampir tidak pernah menunjukkan gejala-gejala yang nampak. Akan tetapi pada saat kista tersebut muncul, penderita akan merasakan nyeri atau ada tekanan pada bagian perut. Rasa nyeri ini tergantung pada beberapa hal seperti ukuran kista ataupun pecahnya cairan pada kista yang menyebabkan jaringan perut mengalami iritasi. Beberapa gejala lain yang menjadi tanda munculnya kista ovarium adalah siklus haid yang tidak teratur ataupun periode haid yang terasa sangat menyakitkan. Selain itu, gejala kista ovarium juga bisa disebabkan oleh kram perut bagian bawah atau rasa nyeri pada pinggul, nyeri pada panggul setelah melakukan olahraga intensif atau setelah bersenggama, mual, muntah dan keluarnya flek darah dari vagina. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda bahwa ada yang sedang tidak beres dengan tubuh anda terutama pada ovarium anda. Untuk itu jika mengalami masalah seperti di atas sebaiknya anda segera menghubungi dokter untuk memperoleh diagnose yang lebih bisa dipercaya.

Demikian artikel singkat mengenal kista ovarium semoga dapat bermanfaat buat kita semua.

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 11:45 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)