Saat Sarapan, Jangan Lakukan 3 Hal Berikut

Sebagian besar orang Indonesia beranggapan bahwa sarapan itu merupakan hal yang tidak begitu penting. Sarapan dianggap sebagai rutinitas yang biasa-biasa saja dan sedikit membosankan. Namun apakah Anda tau betapa penting dan manfaatnya sarapan di pagi hari bagi stamina dan semangat kita saat beraktifitas?, berikut penjelasanya.

Hampir sebagian besar orang Indonesia menganggap sarapan sebagai ritual makan yang nggak perlu diperhitungkan. Tapi ternyata, justru sarapanlah yang memengaruhi energi kita ketika beraktivitas selama seharian. Bahkan, menurut ahli diet Audrey Dharmanto, jika kita berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya jangan sekali-kali melewatkan sarapan. "Sarapan adalah asupan energi yang kali pertama masuk ke dalam tubuh sebelum beraktivitas. Tanpa sarapan pun bisa, tapi jangan heran kalau selama beraktivitas kamu merasa lebih lambat merespon tanggapan dari lawan bicara. Itu karena tidak adanya bahan bakar yang bisa diolah menjadi energi. Selain itu, dengan sarapan kita juga lebih bisa mengendalikan porsi makan pada siang hari,” Audrey menjelaskan.

Berikut ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat memasuki waktu sarapan.

Jangan menunda waktu sarapan! Waktu terbaik untuk sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur, jadi jangan ditunda! Kalau memang saat bangun tidur kamu terbiasa untuk berolahraga ringan sebelum sarapan, konsumsilah sedikit makanan pengganjal sehingga kamu nggak berolahraga dengan perut kosong. Setelah itu, antara 30 menit sampai 2 jam setelah berolahraga, sebaiknya kamu langsung menyantap jatah sarapan pagimu.

Jangan hilangkan serat dan protein! Durasi waktu yang pendek saat sarapan bukan berarti kamu harus menghilangkan serat dan protein dalam menu makan pagimu. Serat dan protein akan membantu membuatmu kenyang lebih lama daripada kamu mengonsumsi roti manis yang malah akan membuat kamu lebih cepat lapar.

Jangan konsumsi kafein berlebih! Secangkir kopi dalam sehari memang terbukti efektif mengurangi risiko terjangkitnya penyakit-penyakit tertentu dan meningkatkan daya ingatmu. Tapi, itu bukan berarti kamu bisa mengonsumsi kafein secara berlebihan. Setidaknya dua cangkir kafein sehari cukup untuk mengatasi rasa lelah selama seharian. Kalau ingin mencicipi secangkir kopi pada saat sarapan, setidaknya pada sore hari, kamu bisa mengganti kafein dari kopi dengan kafein yang berasal darigreen tea. Secangkir green tea selain bisa memenuhi asupan kafein untuk tubuhmu juga bisa memberikan antioksidan yang berfungsi mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas.
sumber

Baca : Cara dan Tips Agar Tidur Cepat

Ditulis Oleh : Millanosa // 8:00 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)