Cara Buat Sushi sendiri dengan 3 resep andalan

Cara Buat Sushi kayaknya pantaslah jika kita pelajari dengan seksma. Apalagi jika Anda ingin memanjakan keluarga di akhir pekan ini, Tidak ada salahnya untuk membuat sushi sebagai menu andalan. Sedikit mengenalkan kuliner Jepang pada keluarga akan semakin mermaikan liburan akhir pekan Anda bersama keluarga tercinta.

Tekstur sushi yang renyah akan memberikan sensasi lezat yang istimewa. Jangan kaget bila akhirnya, keluarga Anda akan ketagihan dengan kelezatan makanan khas Jepang ini setelah dihidangkan. Daripada penasaran terus mendingan kita siapkan bahan-bahannya untuk membuat sushi dengan 3 resep sekaligus yang dikutip dari detikfood:

1. Crunchy Dragon Roll Roa
Irisan salmon segar dan keju krim memberi sentuhan rasa lembut gurih yang mengelus lidah pada sushi ini. Berani uji nyali untuk mencoba resep ini? yuuk coba buat sushi bareng-bareng si buah hati ...!! Pasti lebih seru ......

Bahan-bahan yang dipersiapkan :
Nasi sushi 80 g
Nori ukuran 10x20 cm 1/2 lembar
Cream cheese ukuran 7mm x 7mm x 80mm 2 potong
Kremesan tempura 1/2 cup
Mayones Jepang 1 sdm
Salmon roa 1 sdm
Salmon segar dengan ukuran 30mm x 80mmx3mm 2 iris (60 g)

Cara membuatnya :
(Terlebih dahulu, basahi tangan dengan air). Setelah itu sebarkan dengan hati-hati nasi sushi secara merata dengan menyisakan 5 mm bagian memanjang nori tanpa nasi.
Kemudian secara perlahan balikkan ke atas makisu (gulungan bambu) yang sudah dilapisi plastik sehingga bagian nasi ada di lar.
Susun dengan rapi kremesan tempura, cream cheese, dan mayones di atas nori.
Setelah itu gulung sambil padatkan sampai rapi dan lurus.
Tambahkan tebaran salmon roa pada bagian sisinya.
Susun sesuai selera Anda irisan salmon segar di atasnya, tekan kembali dengan makisu hingga salmon melekat dengan kuat.
Potong melintang dengan pisau yang tajam menjadi 8 bagian. Lapisi plastik, tekan-tekan kembali.
Susun di atas piring saji, dan sajikan segera untuk 8 potong porsi.

2. Rising Sun Roll
Sushi yang satu ini sedikit berbeda dengan sushi diatas, karena agian dalamnya berisi ikan tuna, alpukat dan cream cheese yang lembut gurih, dilapisi nasi dan ditutup dengan nori berlapisan adonan roti yang gurih renyah, bagi Anda yang gemar menyantap ikan tuna, sesekali mengolah ikan tuna yang Anda gemari menjadi sebuah hidangan yang lezat. seperti Rising Sun Roll Suhi adalah sebuah ide yang sangat cemerlang.
Bahan-bahan yang diperlukan :
Cream cheese ukuran 7mm x 7mm x 80mm 1 potong
Tuna, ukuran 3 mm x 8 cm x 11 cm 1 potong
Alpukat ukuran 7mm x 7mm x 80mm 1 potong
Tobiko 1 sdt
Nasi sushi 80 g
Nori @ 1/2 lembar (ukuran 10x20 cm) 2 potong
Lapisan :
Putih telur ayam 1 buah , kocok hingga berbuih
Tepung roti 100 g
Hiasan :
Mayones Jepang 100 ml
Saus cabai bawang botolan 75 ml

Cara membuat :
Untuk membuat gulungan isi, letakkan sepotong nori (dengan bagian kasar menghadap ke bawah) di atas makisu. Susun di atasnya : tuna, cream cheese, alpukat dan tobiko.
Gulung dengan arah vertikal sampai padat, lalu sisihkan.
Ambil dan taruh sepotong nori (dengan bagian licin menghadap ke bawah). Ratakan nasi sushi di atasnya.
Taruh gulungan isi di atasnya dan gulung dengan arah vertikal hingga padat. lalu biarkan beberapa saat supaya melekat sempurna.
Celupkan dalam putih telur kocok lalu lapisi tepung roti hingga rata.Goreng sebentar dalam minyak panas dan banyak hingga kering. Angkat dan tiriskan, lalu potong-potong menjadi 5 bagian.
Oleskan mayones dan saus cabai dengan bentuk melingkar di piring datar. Gurat-gurat dengan garpu hingga menyerupai bentuk sinar matahari. Kemudian susun irisan sushi di atasnya. Sajikan segera untuk 5 potong porsi.

3. Caterpillar Roa Roll
Anda juga bisa memilih jenis yang satu ini, rasa segar mentimun dan alpukat menjadi aksen dominan pada rasa sushi ini. Bentuknya mirip ulat, cantik, segar, dan menggiurkan. Irisan daging unagi panggang yang gurih sedikit manis menjadi pelengkap kelezatan cita rasa sushi ini. Ternyata banyak juga jenis sushi yang bisa dibuat, sesuai selera dan kreatifitas Anda.
Bahan-bahannya :
Nasi sushi 80 g
Nori ukuran 10x20 cm
Tobiko 10 g
Daging alpukat 80 g , iris tipis
Kyuri/mentimun hijau 10 g , iris tipis
Salmon roa 1 sdt
Saus unagi/teriyaki 10 ml

Cara membuat :
Basahi tangan dengan air, lalu sebarkan nasi sushi secara merata dengan menyisakan 5 mm bagian memanjang nori tanpa nasi.
Balikkan ke atas makisu (gulungan bambu) yang sudah dilapisi plastik sehingga bagian nasi ada di luar.
Susun di atas nori; tobiko, unagi dan kyuri, kemudian gulung sambil padatkan hingga rapi dan lurus.
Tebari bagian sisinya dengan salmon roa. Susun irisan alpukat segar di atasnya, tekan kembali dengan makisu hingga salmon melekat.
Hiasi dengan saus unagi/teriyaki. Lalu potong melintang menjadi 8 bagian. Lapisi plastik, tekan-tekan kembali.
Susun di atas piring saji, sajikan segera untuk 8 potong.
Diantara cara buat sushi diatas Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Semoga ketiga resep membuat sushi diatas bisa memperluas cakrawala pengetauhan Anda tentang memasak. Selamat mencobaa semoga berhasil.

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 12:40 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)