Posisi Tidur yang Baik dan Bebas pegal

Posisi Tidur yang Baik sangatlah penting bagi kita semua. Soalnya kalau kenyamanan tidur kita terganggu hanya karena posisi tidur yang kurang baik, akan sangat mempengaruhi kualitas tidur Anda dan sala-salah bangun dengan leher kaku dan sakit serta pegal diseluruh tubuh. Apalagi bagi Anda yang super sibuk , posisi yang baik saat tidur sangat menentukan keberhasilan istirahat Anda.

Perlu Anda ketahui kalau teryata tidak bisa dipungkiri betapa pentingnya tidur untuk kesehatan. Namun ternyata tidur bukan perkara memejamkan mata saja. Pemilihan posisi tidur akan sangat mempengaruhi tingkat kesegaran Anda setelah bangun tidur. Untuk ada baiknya Anda simak posisi tidur yang harus dilakukan dan yang harus dihindari untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

Pilihlah posisi tidur yang paling sesuai seperti yang seputar wanita sehat coba bagi untuk Anda yang dikutip dari okezone.

1. Tidur terlentang.
Kelebihan tidur terlentang : Posisi tidur terlentang sangat baik untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, mengurangi refluks asam lambung, meminimalkan keriput serta menjaga bentuk payudara agar tak mudah kendur.
Kekurangan tidur terlentang : Posisi tidur terlentang mempunyai sedikit kekurangan yaitu bisa menyebabkan ngorok. Bagi yang sering mendengkur sebaiknya menggunakan bantal yang empuk agar kepala dan leher tidak tersangga terlalu tinggi. Kadang tidur terlentang juga sering menyebabkan nyeri punggung, makanya disarankan untuk meletakkan bantal di bawah lutut sehingga tungkai agak tertekuk. Jika alas tidur terlalu empuk, taruhlah papan setebal kira-kira 1 cm di bawah seprai.

2. Tidur miring
Kelebihan : Posisi tidur miring adalah posisi tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil. Soalnya selain melancarkan sirkulasi darah, saat perut semakin membesar, posisi tidur terlentang bisa membuat sesak napas. Posisi tidur miring bagus untuk kesehatan karena efektif untuk mengurangi ngorok. Apalagi posisi tidur dengan lutut ditekuk dan agak diangkat ke arah dada dengan menjepit bantal sangat dianjurkan untuk mencegah nyeri punggung.
Kekurangan : Posisi tidur ini akan mempercepat timbulnya kerutan di wajah soalnya semua tekanan akan berada pada satu sisi yang menghadap bantal. Posisi ini juga menyebabkan payudara cepat kendur.

3. Posisi melengkung
Posisi melengkung ini akan menekan diafragma sehingga bisa mengganggu pernapasan dan juga bisa menyebabkan nyeri punggung, wajah keriput lebih cepat, serta payudara mengendur. Posisi tidur dengan posisi menyamping dengan lutut di tekuk dan agak diangkat ke arah dada seperti posisi janin sangat tidak dianjurkan.

4.Tidur tengkurap
Tidak dianjurkan untuk penderita nyeri punggung, kecuali perut diberi ganjalan bantal. Posisi tidur seperti ini sulit menjaga posisi netral untuk tulang punggung.
Tidur tengkurap akan memberi tekanan pada sendi dan otot-otot sehingga mengiritasi saraf dan menyebabkan nyeri, serta kebas. Selain itu dalam posisi ini kepala akan berada pada satu sisi dalam waktu lama sehingga leher akan pegal.

Nah.... bagi Anda yang sering tidur dengan posisi yang kurang baik sebaiknya Anda menghindarinya dan mulai beralih pada posisi yang benar. Tentunya jika Anda ingin hidup sehat. Harusnya dimulai dari hal-hal yang terkecil dahulu seperti Posisi Tidur Yang Baik.

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 9:50 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)