Tips Mengecilkan Perut Buncit secara tepat dan cepat

Mengecilkan Perut Buncit merupakan hal yang paling dicari saat ini. Pasalnya perut buncit sudah menjadi problema yang sering diderita baik itu laki-laki atau wanita. Dan memiliki perut buncit sangat mengganggu penampilan. Bahkan lebih dari itu sejumlah penyakit siap bersarang di balik gelembung perut yang besarnya tidak proporsional bagi tubuh.


Lemak yang menyebabkan perut buncit sebenarnya terdiri dari dua macam.
1. Lemak subkutan (subcutaneous fat), yaitu lemak yang disimpan oleh tubuh di bawah kulit.
2. Lemak visceral (visceral fat), yaitu lemak yang disimpan oleh tubuh di rongga perut mengelilingi organ-organ dalam perut.


Dari dua jenis lemak yang menggelembungkan bentuk perut, lemak visceral lebih berbahaya. Karena terkait dengan metabolisme seperti resistensi insulin, diabetes, serta sistem peredaran darah. Semakin buncit perut seseorang, maka semakin tinggi pula kemungkinan mengalami resistensi insulin. Dan kondisi ini dapat menimbulkan beberapa penyakit. Seperti penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2, serta kekebalan insulin.

Tapi jika Anda benar-benar ingin mengatasi perut buncit, berikut ini tips yang bisa anda coba untuk mengatasi perut buncit yang membuat penampilan jadi tidak menarik dan tidak percaya diri :

1. Makan lemak sehat
Program diet rendah lemak tidak akan menghilangkan perut buncit. Yang benar adalah berhenti mengonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan roti gandum murni. Makanlah dengan lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun.

2. Turuti keinginan tubuh
Studi dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika seseorang mengikuti apa keinginan tubuhnya saat lapar, ia justru cenderung makan lebih sedikit dalam jangka waktu tertentu. Dan pastikan porsinya tidak berlebihan.

3. Atur porsi makan
Orang yang mengurangi porsi makan hariannya hingga 25 persen, berat badannya berkurang hingga 15 kg dalam 8 minggu. Hal ini sudah dilakukan studi oleh Krista Varady, asisten profesor nutrisi di University of Illinois, Chicago.

4. Sit-up tidak hilangkan lemak
Sit-up hanya akan menguatkan otot namun lemak sulit terbakar. Anda harus melakukan latihan menyeluruh di otot besar lainnya seperti kaki, bahu, dada dan lainnya supaya proses pembakaran lemak lebih maksimal.

5. Banyak latihan kardio
Untuk mempercepat proses pembakaran lemak bisa dilakukan dengan latihan kardio. Lari atau aerobik membantu membakar kalori berlebih jika diimbangi dengan membatasi lemak buruk yang dikonsumsi.

6. Jangan kurang/kelebihan tidur
Kelebihan tidur membuat tubuh menjadi pasif dan terbiasa untuk tidak banyak bergerak sedangkan kurang tidur akan membuat metabolisme tubuh melambat sehingga sulit membakar lemak, . Keduanya memicu penumpukan lemak dalam waktu yang lebih cepat. Jadi tidurlah yang teratur.

7. Stop minum minuman bersoda (meskipun soda berlabel "Diet")
Orang yang rutin minum soda diet justru menggemuk lebih cepat ketimbang yang tidak minum. Karena pemanis buatan dalam soda membuat perut lebih cepat buncit dan membuat rasa lapar lebih mudah datang. Gantilah minuman ini dengan teh atau air lemon murni. Akan kebih baik jika air putih saja.

8. Meditasi
Hindarilah stress, perbanyak berdoa dan bermeditasi untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Cukup 15 menit sehari, sudah cukup membantu. Perlu Anda tau, kalau saat berdoa dan bermeditasi, hormon stress kortisol akan berkurang produksinya. Hormon stress kortisol adalah hormon yang menyebabkan perut buncit.

9. Gula yang tepat
Pilihlah rasa manis yang tepat dan tidak berlebihan. Buah memiliki gula alami, begitu pula dengan madu. Ketika makan makanan mengandung gula seperti keripik dan nasi putih, sebagian besar kalori yang masuk berubah menjadi lemak perut.

10. Berolahraga dengan cerdas, bukan dengan keras
Apabila lemak perut mulai berkurang, saatnya mulai latihan perut. Berlatihlah dengan merasakan kontraksi, bukan berlebihan. Otot perut yang kencang akan membantu Anda tampil lebih fit dan segar.

Dengan cara atau tips yang tepat akan mempercepat Anda untuk mengecilkan perut buncit Anda. Semoga Cara Mengecilkan Perut Buncit diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba semoga berhasil.

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 6:44 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)