Bagaimana Membersihkan Wajah Berminyak?

Jerawat, kulit kusam, berminyak, dan noda hitam masih menganggu meskipun Anda rajin membersihkan wajah? Mungkin cara membersihkan wajahnya yang belum tepat. Kenali dulu jenis kulit wajah, lalu bersihkan dengan produk yang sesuai.


1. KULIT NORMAL
Cleansing milk atau produk lain yang tak mengandung sabun paling cocok digunakan.
Pilih pelembap atau whitening lotion yang mengandung sun screen dan vitamin E, untuk menyamarkan warna kulit yang tak merata akibat sengatan matahari.
Menjelang tidur, basuhlah wajah dengan air, gunakan gentle facial wash, pijat-pijat selama 15 menit, agar suplai darah meningkat ke permukaan kulit dan membuat wajah tampak lebih segar berseri.
Hapus secara merata riasan mata menjelang tidur, agar mata tidak memerah atau berkantung di pagi hari. Jangan sesekali menggosok mata dengan handuk usai dibersihkan karena akan membuat mata cepat keriput.
Kelupas sel-sel kulit mati seminggu sekali dengan krim eksfoliasi atau masker. Pilih krim yang lembut dan mengandung sakarida, bukan scrub dengan butiran kasar. Lakukan setelah membersihkan wajah, akhiri dengan mengoleskan pelembap.


2. KULIT KERING
Untuk kulit yang sangat kering, gunakan facial wash menjelang tidur. Di pagi hari, cukup basuh wajah 3-4 kali dengan air bersuhu normal. Jangan terlalu sering mencuci wajah, apalagi dengan sabun berbahan kimia yang bisa mengurangi kelembapan kulit wajah.
Oleskan pelembap jenis krim 3 kali sehari dan biarkan beberapa menit agar meresap, sebelum menggunakan bedak atau merias wajah.
Hapus sisa riasan dengan susu pembersih yang ringan, bersihkan dengan tisu lembut, bilas dengan air. Agar sisa kotoran terangkat, aliran darah lancar, serta wajah lebih cerah dan segar, lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin 3 kali.
Untuk merawat area mata, sapukan kapas yang telah ditetesi eye make up remover. Ingat, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan mata iritasi.
Untuk mencegah kulit kusam, gunakan moisturizing mask seminggu sekali.
Kulit yang sangat kering akan lebih mudah keriput. Cegahlah penuaan dini dengan krim anti-aging atau anti-wrinkle sebelum tidur malam. Lakukan sejak usia 23 tahun.

3. KULIT BERMINYAK
Basuh wajah 2 kali sehari dengan air bersuhu normal. Cuci dan pijat-pijat wajah dengan soap free facial wash, bilas dengan air hangat-hangat kuku.
Seminggu sekali gantilah pencuci wajah yang biasa, cobalah produk yang mengandung asam salsilat.
Lakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung retinal dua hari sekali.
Gunakan eye make up remover jenis oil free untuk membersihkan area mata. Tekan-tekan beberapa menit kelopak mata atas, lanjutkan dengan satu gerakan menghapus sisa riasan ke arah luar, dan lakukan gerakan yang sama untuk kelopak mata bawah.
Pakailah pelembap jenis lotion atau gel oil free. Untuk mengurangi kilap minyak di wajah, gunakan tisu minyak (blotting paper), lalu bubuhkan bedak padat. Bawalah kedua benda ini ke mana pun Anda pergi.

4. KULIT KOMBINASI
Pilihlah pembersih jenis foam.
Pakailah pelembap jenis losion di pagi hari, sebelum menggunakan sun screen yang tidak mengandung minyak (oil free).
Oleskan krim yang mengandung alpha hidroxy acid (AHA) setiap malam. Namun, bila terjadi tanda-tanda iritasi dan wajah kemerahan, cukup lakukan 2 kali seminggu.
Kenakan masker rumput laut seminggu sekali, selama 15 menit.
Tak perlu menggunakan pelembap pada seluruh wajah. Bubuhkan saja secukupnya pada area yang cenderung kering.

TIPS UNTUK MEMBERSIHKAN WAJAH
Jangan pernah tidur dengan sisa riasan masih menempel di wajah.
Jagan terlalu keras menggosok kulit wajah, agar kulit tidak menjadi kering dan kasar (terkelupas).
Bilas wajah 3 kali sehari agar semua kotoran dan sisa susu pembersih terangkat dengan tuntas. Bilasan terakhir, gunakan air dingin atau oleskan es batu yang dibungkus kain tipis ke seluruh wajah agar pori-pori mengecil.
Pakailah masker sesuai jenis kulit seminggu sekali, agar kulit wajah tetap kenyal dan kencang

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 6:47 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)