Fakta Tentang Payudara Yang Belum Anda Ketahui

Jika Anda Memilikinya, Sebaiknya Anda Membaca Ini!

Payudara seakan sebuah anugerah yang tak ada habisnya dibahas. Ternyata, masih banyak fakta yang tersimpan dan belum terungkap tentang dua ‘mahkota’ ini. Ayo, segera simak!

Selain ditinjau dari segi kesehatan, payudara kerap dikaitkan dengan estetika. Perkara bagaimana payudara terlihat kencang dan indah, atau bra apa yang cocok dipakai dengan gaun untuk ke pesta, Anda pasti sudah tahu. Tapi, jangan berhenti sampai di sini. Baru-baru ini, ditemukan fakta yang wajib Anda ketahui tentang kedua mahkota ini.

Breasts get fat.

Seperti yang Anda tahu, usia 20-an adalah peralihan dari usia remaja menuju ke gerbang kedewasaan. Pada tahap ini, semua organ tubuh berkembang secara sempurna tanpa kecuali. Demikian juga dengan payudara. Saat Anda memasuki usia ini, payudara juga mulai ‘menuai’ lemak, kelenjar susu dan kolagen. Ketiga komponen ini membentuk susunan jaringan yang padat. Hasilnya, dari luar payudara terlihat kencang dan “menantang”. Namun, seiring bertambahnya umur, payudara pun mulai berubah. “Kolagen dan kelenjar susu berkurang dan “ditutup” dengan kelenjar lemak,” kata Laurie A. Casas, ahli bedah plastik dan guru besar bedah dari Northwest Feinberg School of Medicine. Akibatnya, bukan berdiri tegap, payudara malah makin “merunduk”. Tapi, jangan takut, solusinya: olahraga secara teratur, khususnya melatih otot bagian dada. Tips agar penampilan memukau: kenakan bra berkawat lentur.

They weigh less than you think.

Banyak wanita mengeluhkan ukuran payudara yang besar bikin jarum timbangan makin bergerak ke kanan. Benarkah? Jangan sembarang menuduh, ini bukan semata kesalahan si buah dada. Perhatikan informasi berikut: payudara dengan ukuran cup A punya berat sekitar 110 gram. Untuk ukuran cup B, beratnya sekitar 230 gram. Sementara, ukuran C, sekitar 340 gram. Lalu, untuk ukuran D berberat sekitar 450 gram. Tak terlalu berat, bukan?

They’re thin-skinned.

Buah dada yang membesar menyebabkan kulit seputar akan tertarik. Akibatnya, kulit akan menipis dan mudah mengering. Menurut Laurie Poli, ahli kecantikan dari New York, merawat kulit seputar payudara dengan krim pelembab penting dilakukan. Bahkan, sebaiknya Anda pakai krim pengencang yang mengandung kolagen, elastin dan tabir surya serta retinol. Jangan lupakan “puncak gunung”-nya. Biasanya, puting susu rentan dengan kekeringan. Disarankan memakai krim pelembap setiap hari.

Get Hairy.

Sekitar puting susu ditumbuhi rambut, normalkah? Tentunya normal! “Hampir semua wanita memilikinya. Warna rambut dan kulit akan mempengaruhi kekelaman warna rambut yang tumbuh di sini,” kata Debra Jaliman, MD, instruktur klinis dermatologis, Mount Sinai School of Medicine, New York. Jika Anda masih merasa terganggu, hilangkan saja dengan cara waxing. Namun, jika rambut yang tumbuh hanya beberapa helai, ada cara mudah untuk menghilangkannya. Bersihkan daerah selatar puting dengan alkohol dan cabut rambut tersebut. Lantas, segera oleskan krim antibakteri di kulit bekas cabutan agar tak terjadi infeksi. Pengulangan boleh dilakukan dalam jarak waktu dua minggu.

Each pair has its own point.

Selain ukuran, arah puting pun berbeda pada masing-masing wanita. “Struktur dan kedudukan aerola, daerah gelap di seputar puting, akan mempengaruhi arah puting. Pada sebagian wanita, posisi aerola terletak sedikit ke atas. Otomatis puting pun akan menghadap ke atas. Dan, sebagian lagi, letaknya di bagian bawah. Tak heran kalau putingnya pun menghadap ke bawah,” jelas Dr. Casas.

Their monthly cycle.

Menurut Hilda Hutcherson, MD, ginekolog dari Columbia University, New York, fluktuasi siklus menstruasi mempengaruhi jaringan kelenjar di dalam payudara dari minggu ke minggu. Jika setelah haid payudara terasa lembut, thanks to hormone. Gambaran¬nya seperti ini: di pertengahan siklus, puting akan terasa sangat sensitif karena kadar hormon estrogen meningkat. Sementara, seminggu sebelum atau selama haid, tinggi hormon progesterone menyebabkan payudara membengkak, keras dan terasa sakit. Untuk mengurangi penderitaan, kurangi konsumsi kafein. Jika rasa sakit cukup parah dan mengganggu aktivitas, minum obat penghilang rasa sakit masih diperbolehkan. Asal, tidak berlebihan.

The right time, the right doctor.

Kapan tepatnya memeriksakan payudara untuk mengetahui ada tidaknya benjolan? Menurut Dr. Hutcherson, waktu yang tepat adalah seminggu setelah menstruasi. Alasannya, pada masa ini payudara berada pada kondisi paling lembut. “Payudara yang lembek mempermudah dokter mendeteksi sesuatu yang bisa dianggap tidak normal,” kata Dr. Hutcherson.

Breast implants.

Menurut penelitian di Amerika Serikat, sekitar dua juta perempuan melakukan operasi pembesaran payudara (breast implant). Yang lebih mengejutkan, ternyata pasien berumur rata-rata di bawah 34 tahun. Selain itu, 90% dilakukan setelah kelahiran anak pertama. Menurut Leroy Young MD, ketua The American Society For Aesthetic Flastic Surgery, pasien kebanyakan ingin payudaranya dibesarkan hingga dua kali lipat dari ukuran semula. Secara ldinis breast implant memang belum dipastikan berhubungan langsung dengan penyakit serius pada payudara, seperti rusaknya sistem kekebalan atau kanker. Meski demikian, silicon dan saline tetap berefek buruk pada kesehatan. Yang paling sering terjadi, kedua elemen tersebut mengempis, bocor atau mengerut hingga perlu operasi ulang untuk memperbaikinya. Komplikasi lain yang bakal muncul adalah capsular contracture: jaringan bekas operasi seputar pembedahan mengencang dan menyebabkan payudara mengeras. Dan, yang pasti semua pembedahan berisiko infeksi dan pendarahan berlebihan,

Get sunburned.

Buat yang senang berenang, ada berita penting. Sinar matahari tetap dapat membakar kulit yang telah ditutupi oleh pakaian renang atau bikini. “Saat Anda mengoleskan tabir surya untuk tubuh, jangan lupakan daerah payudara. Pakailah sunblock SPF 25 yang mengandung UVA dan UVB,” kata Dr. Jaliman. Untuk itu, jangan sampai bagian ini terlewatkan agar kulit payudara terhindar dari penuaan kulit secara dini, atau bercak-bercak cokelat bernama sproeten.

T-zone on your breast.

Kulit di bagian atas dan belahan antara kedua payudara dipenuhi oleh kelenjar. “Semakin besar payudara yang Anda miliki, kemungkinan berkeringat pada belahan antara dua ‘mahkota’ sangat tinggi. Akibatnya bakteri akan mengendap di sana dan menimbulkan jerawat atau komedo,” terang Dr. Jaliman. Untuk itu, jaga pori-pori kulit daerah T-zone ini agar selalu kering. Caranya? Pakailah bedak tabur. Bersihkan daerah tersebut setiap hari dan setiap kali sehabis berolahraga dengan menggunakan tisu antibakteri.

Cleavage story.

Belahan dada yang indah idaman semua wanita. Untuk mendapatkan belahan menawan tak hanya ditentukan oleh ukuran payudara saja. Bentuk dan posisi juga menentukan. Lebar torso Anda berpengaruh besar pada ukuran buah dada. Jika bagian bawah bahu Anda sempit, maka ada kemungkinan belahan antara kedua ‘gunung’ tersebut akan semakin dalam dan rapat.

Sleep effect.

Menurut Dr. Polis tidur tengkurap tak seratus persen mengempiskan kedua ‘mahkota’ tercinta. Tapi, bisa mengubah bentuknya. Posisi tidur yang aman: miring dengan bantal terletak di bawah payudara sebagai penyangga.

Jog? No Way!

Bukan hanya Anda yang tidak suka olahraga lari, payudara pun berkata hal yang sama. Alasannya? Olahraga kardio seperti lari dan aerobik dapat mengguncang payudara. Berterima kasihlah pada bra yang dapat melindungi payudara Anda. Namun ingat, kelenturan bra akan berkurang dari hari ke hari hingga tak mampu lagi menopang payudara dengan baik. Solusinya: Selama berlatih kardio, pakailah bra yang mengandung kawat lentur dengan cup yang cukup kaku untuk mengurangi guncangan.

Exercises to lift them.

Pendapat bahwa olahraga tertentu dapat mengubah ukuran payudara, itu bohong. Mengapa? Karena payudara tak mempunyai otot. Yang benar, olahraga dapat mengencangkan otot dada sehingga payudara terlihat lebih kencang. Makanya, coba lakukan push up atau chest press agar payudara terlihat lebih ‘menantang’.

Three niples, is it possible?

Kedengarannya memang menyeramkan. Namun, kenyataannya ada orang (wanita dan pria) yang ditakdirkan memiliki puting lebih dari dua. Umumnya letak yang ketiga agak ke bawah. Balikan, mereka yang memilikinya kadang tak menyadari karena bentuknya lebih menyerupai bintik hitam. Puting ketiga ini tidak mempunyai kelenjar susu. Menurut bisik-bisik, aktor Mark Wahlberg memilikinya.

Pregnancy makes nipple a bit darken.

Menurut Alexander Swistel, MD, direktur the Weill-Comeli Breast Center, New York, kehamilan dapat mengubah warna puting susu jadi menghitam. Dan, setiap kali seorang ibu menyusui anaknya, kadar warna puting tersebut akan semakin gelap.

The power of ancestor.

Besar kecilnya payudara berhubungan dengan keturunan dari keluarga kedua orang tua. “Ukuran yang Anda miliki bisa menurun dari salah satu pihak keluarga, ayah atau ibu,” kata Dr. Swistel.

The left is usually larger.

Seperti bagian tubuh lainnya yang berpasangan, seperti tangan atau kaki, ukuran sebelah kiri pasti lebih besar dari yang kanan. “Payudara sebelah kiri cenderung memiliki banyak jaringan. Terkadang, ada perbedaan yang jelas. Namun, tak jarang juga ada yang tak terlalu terlihat,” jelas Dr. Swistel.

Over the puberty.

Setelah umur 25, payudara tak akan bertambah besar kecuali jika Anda bertambah berat badan, hamil (perubahan ini hanya sementara) atau sedang menjalani KB. Tapi, tak perlu khawatir untuk alasan yang ketiga karena tak semua formula KB membuat payudara Anda membengkak.

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 4:42 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)