Waspadai Jika Keluar Keringat Terlalu Berlebihan

Berkeringat berlebihan? Urin berdarah? Setelah berbincang dengan para ahli, ternyata ‘sinyal tubuh’ tersebut memang ada yang normal dan tidak normal.
Namun, Anda tak perlu khawatir lagi, karena yang tidak normal bisa diatasi. Nah, bagaimana CARA mengatasinya? Temukan solusiny di sini!


“Bagian ketiak saya lebih berkeringat dibanding area tubuh yang lain.”
Mungkin tidak normal. Penyumbatan jalur tertentu dalam sistem saraf dapat memicu keringat berlebihan pada salah satu bagian tubuh.
Kondisi ini disebut juga unilateral hiperhidrosis, kata Anne Chapas, M.D., pakar klinis dari NYU School of Medicine dan dokter kulit di New York City, AS. “Hal ini bisa terjadi bila cedera pada bahu merusak saraf-saraf yang berhubungan dengan ketiak,” jelasnya.
Kondisi ini juga bisa jadi sinyal terjadinya Holmes Adie syndrome yang merujuk pada infeksi bakteri akibat adanya luka atau kerusakan pada saraf yang mengontrol fungsi keringat dan air liur. Nah, bila salah satu bagian tubuh Anda terlihat lebih berkeringat, segera konsultasikan ke dokter.

“Setelah berolahraga, mengapa produksi air liur terasa berlebih?”
Sangat normal. Studi tahun 2008 di Belanda memperlihatkan aktivitas fisik mendorong produksi kelenjar air liur. Hal ini memang kerap menyertai sebuah program latihan dan kebiasaan mengonsumsi protein.
Dalam tubuh terjadi peningkatan mucins yang menyebabkan pengentalan air liur. “Pengaruh lendir ini juga terjadi saat meningkatnya kecepatan napas Anda ketika berolahraga,” kata Marnie Snyder Dominy, pakar ilmu kesehatan dan fisiologis olahraga dari Olympic College di Bremerton Washington, AS.
Untuk mengatasinya, cobalah minum ketika sedang berolahraga dan aturlah napas secara bergantian lewat hidung dan mulut. Maka, produksi air liur pun tak berlebihan.

“Di awal berolahraga, mengapa saya sering bersin-bersin?”
Normal. “Itu karena histamin, protein yang timbul sebagai reaksi alergi akan diproduksi tubuh ketika kita berolahraga,” ungkap John Salerno,D.O., pakar kesehatan di New York City, AS.
“Kondisi ini bisa tambah parah dengan gerakan downward dog saat Anda berlatih yoga atau ketika telungkup di atas hamstring curl machine, juga dapat meningkatkan aliran darah ke hidung, hingga akhirnya merangsang histamin keluar.”

“Setelah kelas spinning, urin saya berdarah.”
Mungkin tidak normal. Ada darah dalam urin (hematuria) sehabis berlatih sepeda dengan penuh semangat, memang bisa saja terjadi namun sangat jarang,” urai Bruce Mc Lucas, M.D., ob-gyn dari Ronald Reagan UCLA Medical Center.
Apa sebabnya? “Indikasi utama ada infeksi. Segera deh periksa ke dokter. Bisa juga karena iritasi pada urethra akibat tekanan pada vagina saat duduk di sepeda. Hal ini biasa dikeluhkan para pesepeda,” catat Dr. McLucas.
Dalam jangka panjang, bila keluhan ini diabaikan akan menyebabkan kerusakan pada urinary. Gunakan tambahan bantalan pada sadel sepeda atau pakai celana khusus untuk bersepeda

sumber

Ditulis Oleh : Millanosa // 4:40 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels

Tips (119) kecantikan (78) kesehatan (70) fashion (37) Berita (24) gaya hidup (17) Resep Makanan (13) Zodiak (12) karier (12) Sex (8) Relationship (3)